PENCANANGAN IMUNISASI PNEUMOCOCCAL CONJUGATE VACCINE (PCV)

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat diwakilkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kesehatan Tanjung Jabung Barat , mulai mencanangkan introduksi untuk Imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) pada Kota Kuala Tungkal  di Puskesmas Kuala Tngkal I Utara, Rabu (21/9/2022).

Kepala Bidang P2P dr. Hj. Putri Andayani Syam dan Perwakilan Dari Unicef turut hadir pada pencanangan Imunisasi PCV tersebut. Imunisasi ini untuk mencegah radang paru (pneumonia) dan membawa slogan Upaya Terbaik Melindungi Buah Hati Anda Dari Pneumonia dengan Imunisasi PCV. Sasaran dari Imunisasi PVC ini adalah semua bayi, di mana dosis yang diberikan sebanyak 3 kali yaitu saat bayi berusia 2 bulan, 3 bulan dan 12 bulan.

H. Zaharudin, SKM mengatakan imunisasi ini untuk melindungi anak terhadap penyakit, pemberian imunisasi kepada anak menjadi sangat penting untuk masa tumbuh kembang anak. “Imunisasi PVC ini bertujuan membentuk kekebalan tubuh bayi dan balita terhadap penyakit pneumonia, mari kita lindungi anak kita untuk masa tumbuh kembang dia di masa yang akan datang,” ucapnya.

Imunisasi ini akan dilaksanakan di semua fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan imunisasi dan tidak dipungut biaya atau gratis. Adapun pemberian vaksin PCV ini dapat dijumpai di Puskesmas, Posyandu atau pos layanan kesehatan lainnya. Walau terbilang vaksin jenis baru, vaksin PCV pada anak 2 bulan ini sangatlah aman yang bertujuan penyakit pneumonia pada anak. Imunisasi ini sudah masuk dalam indikator renstra Kementerian Kesehatan 2022-2024.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top