Dinas Kesehatan Kab.. Tanjung Jabung Barat Laksanakan Kegiatan Pertemuan Orientasi Penggunaan Panduan Praktis Untuk Caregiver Informal Pada Perawatan Jangka Panjang Bagi Lansia

Dinas Kesehatan Kab. Tanjung Jabung Barat. Makin bertambah usia sesorang semakin banyak mengalami permasalahan fisik, mental, spritual, ekonomi, sosial dan kesehatan. Penyakit terbanyak pada lansia adalah hipertensi, osteo atritis, stroke, masalah gigi-mulut, penyakit paru obstuktif kronis (PPOK) dan diabetes mellitus (DM). Selain itu dengan bertambahnya usia muncul berbagai gangguan seperti gangguan pendengaran, gangguan melihat, gangguan mengingat, depresi, mudah jatuh dan lain-lain. Munculnya penyakit dan gangguan diatas maka perlu dilakukan Caregiver Informal pada Perawatan Jangka Panjang (PJP) Bagi Lansia. Caregiver Informal pada Perawatan Jangka Panjang Bagi Lansia merupakan pendampingan yang berasal dari keluarga terdekat (suami/isteri, anak, kerabat), teman, tetangga maupun kader yang ada dimasyarakat dalam proses pemberian bantuan dan dukungan jangka panjang kepada lansia yang tidak mampu merawat dirinya sendiri baik sebagian maupun total karena mempunyai keterbatasan dalam aspek fisik dan atau mental.

Hari ini (27-07-2022), Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengadakan Pertemuan Orientasi Penggunaan Panduan Praktis Untuk Caregiver Informal pada Perawatan Jangka Panjang Bagi Lansia Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 27 Juli – 28 Juli 2022 dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Bapak H.Zaharuddin,SKM. dengan narasumber berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Persakmi (Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia). Peserta pertemuan terdiri dari dokter puskesmas dan pengelola program lansia puskesmas se Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengatakan kinerja tenaga kesehatan yang baik akan berdampak pada kualitas pelayanan kesehatan pra lansia dan lansia di fasilitas kesehatan primer dan rujukan serta rujukan lanjutan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sementara Bapak Suparman,SKM. selaku Ketua Panitia Pelaksanaan kegiatan ini melaporkan pertemuan orientasi ini bertujuan agar pengelola program lansia dan dokter puskesmas harus memahami perawatan jangka panjang lansia melalui Caregiver Informal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top